Jumat, 29 November 2013

Trouble Maker Tuai Kontroversi Karena Motif Jaket

Masa kependudukan Jepang masih menjadi isu sensitif di Korea Selatan. Trouble Maker juga ikut kena getah kontroversi tersebut ketika berfoto menggunakan jaket yang dituding menampilkan motif bendera Jepang.

HyunA 4Minute dan Hyunseung Beast berfoto selca saat tampil di "The Show". Foto yang diunggah ke Twitter SBS tersebut akhirnya menarik perhatian netizen. Mereka menemukan bahwa motif jaket couple menampilkan gambar Matahari Terbit (Rising Sun) yang khas pada masa penjajahan Jepang di Asia.

Alhasil netizen mengkritik habis-habisan Trouble Maker sehingga pihak SBS menghapus foto tersebut. Kehebohan itu juga didengar oleh pihak agensi yang mengklarifikasi lewat media Osen.

"Gambar di jaket Trouble Maker bukan Rising Sun tapi bunga," jelas jubir agensi. "Tapi dengan adanya kesalahpahaman ini maka kami tetap meminta maaf. Kami akan lebih berhati-hati lagi dalam memilih detil pakaian."

Dalam gambar tersebut memang menunjukkan wanita memegang tangkai bunga. Namun netizen tetap mempermasalahkan bahwa itu memiliki makna tersembunyi karena pada tonjolan bunga membentuk pola garis-garis merah khas bendera Matahari Terbit. Meski netizen internasional menganggap itu kontoversi tidak perlu namun tak sedikit yang memahami perasaan netter Korea.

"Itu kan sama saja dengan orang Eropa yang sensitif terhadap hal berbau Nazi, jadi wajar saja mereka marah," komentar netter. "Aku orang Asia jadi cukup paham kenapa mereka marah," imbuh lainnya.

Apa yang mau dicari ?